Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tradisi Safari Romadhon Merukunkan Masyarakat Desa



Ramadhan merupakan bulan penuh berkah, ampunan dan pahala. Di bulan ramadhan ini banyak sekali kegiatan keagamaan yang dilaksanakan oleh umat Islam. Salah satunya adalah kegiatan keagamaan safari ramadhan di masjid masing-masing dusun di desa Makarti Mulya.

Safari ramadhan dilaksanakan pada sore hari setelah menjalankan ibadah shalat asar. Setiap masjid yang dijadikan lokasi safari ramadhan ini telah menyiapkan menu buka puasa bersama. Menu buka puasa tersebut disiapkan oleh masyarakat masing-masing dusun.

Di dalam acara safari ramadhan terdapat acara inti yakni maudhotul hasanah dari Kyai. Masyarakat yang mengikuti safari ramadhan sangat antusias untuk mendengarkan kajian ilmu agama. Mereka yang datang di majlis safari ramadhan semoga memperoleh kenyamanan hati dan pahala yang berlipat-lipat dari Allah SWT. Aaaamiiiin.

Telah terlulis di dalam kitab “Ta’lim Muta’alim” sebuah hadist Rasulullah SAW, yang artinya “Mencari Ilmu adalah Kewajiban Bagi Kaum Islam Laki-laki dan Kaum Islam Perempuan”. Jadi diamanapun keberadaannya, setiap muslimin maupun muslimat diwajibkan untuk mencari ilmu. Dalam kitab tersebut lebih menekankan dalam mencari ilmu agama Islam.

Oleh karena itu, masyarakat desa Makarti Mulya sangat berantusias datang dalam kegiatan safari ramadhan untuk memperoleh kajian ilmu agama dari para Kyai. Kajian ilmu agama yang diperoleh dari para Kyai tentu memberikan ketenangan hati bagi masyarakat desa.

Jika dulu sebagian masyarakat belum sempat belajar agama di pondok pesantren, maka dengan adanya safari ramadhan ini memberikan kesempatan mereka agar belajar ilmu agama dari para Kyai. Selain mendapatkan kajian ilmu agama dari para Kyai, juga saat buka puasa bersama dapat menikmati takjil dan makanan yang telah disediakan. Dan pada akhirnya dalam menjalankan ibadah puasa dengan penuh keikhlasan dan kenyamanan sehingga bulan ramadhan menjadi lebih Indah.







NB: Desa makarti mulya terletak di Kec. Mesuji. Kab OKI. Palembang.












Posting Komentar untuk "Tradisi Safari Romadhon Merukunkan Masyarakat Desa"