Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tabarok Akbar Virtual LPPQ Thoriqoty Blitar

Ahmad Suherdi


Hari minggu 13 September 2020 diadakan acara rutinan tahunan tabarok akbar Lembaga Pendidikan Pendidik Al Qur'an (LPPQ) Thoriqoty Blitar. Acara tersebut dilakukan secara virtual di lppq cabang kepatihan Tulungagung. Sebenarnya acara rutinan ini dilakukan langsung di lppq pusat, namun karena masih dalam masa pandemi dan demi mematuhi protokol covid-19, maka secara virtual itulah acara berjalan dengan lancar.

Acara tersebut dimulai sekitar jam 8 pagi. Acara yang pertama adalah membaca surat yasin, ad-dukhon, as sajdah dan yang terakhir adalah al-mulk. Keempat surat tersebut dibaca secara bersama-sama dengan dipimpin oleh ustadz Farikh selaku kodim lppq thoriqoty pusat Blitar. Kemudian ada sambutan-sambutan dari berbagai cabang lppq thoriqoty diberbagai daerah.

Memang acara kali ini berbeda sekali dengan acara-acara sebelumnya yang diselenggarakan secara langsung di lppq pusat Blitar. Biasanya banyak sekali jama'ah dari plosok daerah datang mengikuti acara tahunan tabarok akbar ini. Namun untuk kali ini diselenggarakan secara vistual yaitu dengan aplikasi Zoom dan live streaming youtube.

Perlu diketahui bahwa acara virtual semacam ini memang ada beberapa kendala. Biasanya yang menjadi kendala utamanya adalah kekuatan sinyal para jaringan. Ada lagi kemarin itu kendala mati listrik saat melakukan live di zoom dan youtube. Suaranya pun terkadang tidak jelas, mungkin karena belum siap menyambungkan microfonnya.

Namun walaupun terdapat beberapa kendala, acaranya tetap berjalan dengan lancar. Banyak sekali ilmu yang saya dapatkan dari ceramah ustadz Farikh. Beliau memberikan arahan bagi yang sudah khatam kelas jilid dan kelas marhalah untuk melanjutkan ke jenjang qira'ah sab'ah. Iya, memang ada 7 riwayat imam dalam bacaan al-Quran. Untuk yang biasa kita baca adalah riwayatnya imam Hafs.

Setelah ustadz Farikh memberikan tausiahnya, selanjutnya dilanjut doa penutup. Semua orang mengamini doa Kyai. Walaupun tidak bertemu secara langsumg namun rohani ini seakan berkumpul bersama dalam satu majlis. Sungguh luar biasa sekali nikmat barokah Al-Qur'an ini. Semoga bisa menjadi syafaat kita kelak di hari kiamat. Aaamiiin.




Tulungagung, 18 September 2020


3 komentar untuk "Tabarok Akbar Virtual LPPQ Thoriqoty Blitar"