Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Minuman Herbal JaSeLang (Jahe, Serai, Alang-alang)

Ahmad Suherdi


Pagi sahabat. Hawa di pagi hari memang sangatlah dingin. Terlihat pada pemberitahuan suhu di layar handphone saya menunjukkan 17 derajat celcius. Suhu yang cukup membuat badan saya merasa dingin.

Kesehatan juga harus dijaga dalam suhu yang sangat dingin ini. Terkadang, beberapa penyakit datang. Batuk, pilek, demam sering dirasakan akhir-akhir ini. Iya, memang suhu dingin ini menjadikan kekebalan tubuh saya serasa agak menurun.

Awalnya saya merasa agak sedikit radang tenggorokan. Kemudian, saya disarankan oleh seorang teman pondok "kang Farij" untuk meracik minuman herbal menggunakan bahan-bahan alami. Bahan-bahan tersebut ternyata sangat banyak tersebar di kebun samping pondok. Apakah bahan-bahan alami tersebut? Baiklah, kali ini saya akan memberikan sebuah tips membuat minuman herbal dari bahan-bahan disekitar rumah.

Bahan-bahan alami yang perlu disiapkan adalah jahe, serai dan akar alang-alang. Ketiga bahan tersebut dicampurkan menjadi satu di dalam air yang mendidih. Begitu banyak sekali manfaat yang dapat kita dapatkan pada bahan-bahan alami tersebut. Kalian bisa membaca diberbagai artikel di internet. Dalam tulisan ini, saya hanya memberikan beberapa langkah membuat minuman herbal ala saya. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Langkah pertama, kupas kulit jahe terlebih dahulu. Kemudian jahe yang sudah dikupas, lalu dibersihkan dengan air dan selanjutnya digeprek. Untuk jahe, saya beli diwarung terdekat karena belum ada tanaman jahe disekitar pondok. 
Jahe yang sudah digeprek

Langkah kedua, kupas dan bersihkan daun serai. Serai yang sudah bersihkan kemudian dicuci dengan air sampai bekas-bekas tanahnya hilang. Serai saya dapatkan dikebun samping madrasah pondok.

Serai yang sudah dibersihkan

Langkah ketiga, bersihkan alang-alang dan ambil akarnya saja. Akar alang-alang juga dibersihkan dengan air sampai bekas tanahnya hilang. Alang-alang saya dapatkan di belakang madrasah pondok.

Akar alang-alang

Setelah semua bahan terkempulkan, langkah selanjutnya yaitu merebus ketiga bahan tersebut. Ambil air secukupkan dan rebus air hingga mendidih. Jahe, serai, dan akar alang-alang dimasukkan bersamaan air rebusan hingga mendidih. 

Proses perebusan air dan bahan-bahan

Tunggu hingga air mendidih dan setelah itu tuangkan ke dalam gelas yang sudah disediakan. Tambahkan gula sesuai selera masing-masing ya sahabat. Taaraaa minuman JaSeLang (Jahe, Serai, Alang-alang) sudah siap dinikmati dipagi hari. 

Tenggorokan saya yang awalnya radang dan batuk-batuk, setelah lantaran meminum wedang JaSeLang, alhamdulillah berangsur membaik. Tubuh saya juga merasa agak hangat dan beransur sehat kembali. JaSeLang juga bisa dinikmati sebagai teman santai ya sahabat. Selamat mencoba sabahat. Semoga bermanfaat yaaa.



Tulungagung. 08 Agustus 2020

2 komentar untuk "Minuman Herbal JaSeLang (Jahe, Serai, Alang-alang) "