Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Karya Sederhana Untuk Membuka Lapangan Kerja

Ahmad Suherdi


Sebagai generasi muda, tentunya kita harus berkarya dalam kehidupan sehari-hari. Kita yang masih muda, tentu mempunyai daya kreativitas yang tinggi. Sayang sekali, bilamana kemampuan tersebut tidak dikembangkan dan hanya bermalas-malasan serta menjadi kaum rebahan saja. Bagi saya, hal tersebut sangat disayangkan sekali. Tentu, kesehatan akan mudah terganggu.

Menjadi kaum rebahan dan mengganggap dirinya sebagai penyelamat dunia di tengah pandemi virus corona ini, maka hal tersebut malah menjadikan kemunduran pada diri sendiri. Kebijakan pemerintah untuk lebih banyak di rumah, bukan untuk rebahan saja. Namun, kita harus tetap mengembangkan kreativitas diri di tengah pandemi virus corona ini.

Kreativitas apa yang harus dikembangkan? Semua itu tergantung dari kemampuan diri kalian masing-masing. Saya sendiri banyak mengembangkan kreativitas semenjak di rumah saja. Selain kegiatan berangkat ke kebun setiap hari, saya juga memutar otak untuk mengembangkan sesuatu yang baru dalam menghasilkan sebuah karya. 

Saya mencoba mengembangkan sebuah karya foto custom. Iya, sebuah editan foto ucapan untuk sahabat dengan desain background yang sangat unik. Cara buatnya juga gampang, hanya butuh kreativitas diri saja dalam merangkai desain dalam backgraoundnya.

Setelah saya membuat banyak motif foto, satu persatu teman-teman mulai older foto custom karya saya. Kebanyakan, mereka older dengan ucapan selamat wisuda. Memang, sekarang lagi masa-masa sidang skripsi dan tesis. Untuk kata ucapan dan kata mutiara bisa pesan sesuai keinginan masing-masing.

Saya juga mengajak teman-teman untuk menjadi reseller saya. Bagi reseller, saya memberikan uang Rp.5000 per-olderan. Saya sebagai editor mendapatkan uang Rp. 10.000. Jadi, harga per-filenya adalah Rp. 15.000. Untuk reseller bisa mendapatkan uang tambahan bilamana reseller mau mengeprin dan mempigura foto custom olderannya. Harga prin dan pigura sekitar Rp.50.000. Saya menjual file kalau dengan reseller. Kalian juga bisa pesan prin dan pigura langsung kepada saya. Harga juga sama, file saja Rp. 15.000 dan prin plus pigura Rp. 50.000.

Memang, hasil uangnya tidak banyak. Namun, saya bisa membuka lapangan pekerjaan buat teman-teman, walaupun itu dengan penghasilan uang yang sedikit. Tetap, kita harus mensyukuri apa yang Allah berikan kepada kita. Jangan sampai kita lupa bersyukur, sehingga menjadikan Allah jauh dari kita.

Bermula dari sini, saya mengembangkan kreativitas pada diri saya. Saya bukan lulusan sekolah editor. Namun, saya berusaha dengan kemampuan otodidak saya. Tidak ada perkara yang tidak mungkin, kalau kita mau berusaha pasti akan bisa dan berhasil. Namun, tetap kita kembalikan semua kepada Allah (tawakal).

Bagi teman-teman yang mau pesan foto custom atau ingin menjadi reseller saya, bisa menghubungi nomer w.a yang sudah tertera. Mari, kita sebagai generasi muda untuk senantiasa mengembangkan daya kreativitas. Jangan takut tidak bisa. Namun, kita yakin kita bisa.







Selamat berkarya sahabat.


Tulungagung.12 Agustus 2020.


Posting Komentar untuk "Karya Sederhana Untuk Membuka Lapangan Kerja"