Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berkebun Sayur Hidroponik Dengan Menggunakan Bahan Bekas

Ahmad Suherdi

Hidroponik sistem wick dengan bahan bekas

Berkebun adalah hal yang mengasyikkan bagi saya. Salah satu hobi saya adalah berkebun hidroponik. Hidroponik adalah sebuah cara berkebun dengan menggunakan air sebagai pengganti tanah. 

Berkebun hidroponik sangatlah mudah sekali dilakukan. Bagi saya, yang tidak ada lahan luas disekitar rumah, bisa memanfaatkan sistem hidroponik ini untuk berkebun. Hidroponik sendiri tidak membutuhkan tempat yang luas. Cukup di pelataran rumah, di tembok rumah atau di belakang rumah yang terdapat sinar matahari.

Cara berhidroponik ini, awalnya saya melihat video tutorial di youtube. Kalian bisa mengunjungi di channel youtube "hidroponikpedia". Di dalam channel youtube tersebut terdapat banyak sekali tutorial berkebun hidroponik.

Mungkin, kalian berpikir bahwa berhidroponik itu haruslah mahal. Memang, bila kila melihat kebun hidroponik skala besar yaitu dengan menggunakan media paralon sebagai tempat menanamnya, maka dapat dipastikan akan mengeluarkan biaya yang banyak. Harga paralon juga agak mahal, tergantung dari kualitasnya.

Namun, disini saya menggunakan media tanam hidroponik dengan bahan bekas. Bahan bekas ini saya dapatkan di toko buah sekitar tempat tinggal saya. Bahan bekas itu adalah styrofoam bekas wadah buah anggur. Harganya cukup murah, yaitu 5 ribu perwadahnya. Mungkin ditempat kalian akan berbeda harganya atau bahkan bisa kalian dapatkan secara gratis. Hehehe.

Untuk netpotnya bisa kalian menggunakan gelas minuman bekas teh gelas atau semacamnya. Tutorialnya bisa kalian lihat di youtube ya. Kunjungi saja youtube tentang tutorial hidoponik.

Netpot dengan wadah bekas minuman aqua

Sangat mudah sekali kalau kita mau bersungguh-sungguh dalam praktiknya. Jadikan bahan bekas disekitar kita untuk mengembangkan kreativitas pada diri kita. Salahsatunya dengan menggunakannya sebagai media tanam hidroponik.

Untuk pupuk, saya menggunakan pupuk cair AB MIX. Kepekatan A dan kepekatan B dicampur dengan perbandingan 1:1. Harga per500ml hanya 20 ribu. Cukup untuk panen kangkung berkali-kali. Kalian bisa membeli pupuk di toko hidroponik terdekat atau bisa pesan secara online melalui aplikasi shopee, tokopedia dan semacamnya.

Pupuk AB MIX 500ml khusus sayuran

Saya juga masih mengembangkan media tanam hidroponik versi saya ini. Saya juga mempunyai angan-angan memiliki greenhouse sendiri. Namun, yang terpenting untuk sekarang belajar dulu dari hal yang sederhana.

Air nutrisi di dalam styrofoam bekas wadah buah anggur

Selamat mencoba ya. Semoga berhasil. Salam kreativitas.


Tulungagung, 10 Agustus 2020.

2 komentar untuk "Berkebun Sayur Hidroponik Dengan Menggunakan Bahan Bekas"