Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Semangat Anak-anak Mengaji di Masjid

Ahmad Suherdi


Sahabat. Senang rasanya melihat generasi kecil semangat untuk mengaji. Lantunan ayat-ayat al-Qur'an sangat merdu saat dibaca oleh anak-anak. Semangat mereka sangat luar biasa sekali, hingga sangat antusias belajar mangaji.

Satu persatu anak-anak menunggu antrian untuk disimak bacaannya. Ada anak-anak yang masih belajar jilid dan ada pula yang sudah sampai taraf al-Qur'an. Ada yang sudah fasih ada juga yang masih belum lancar. Semua membutuhkan proses, harus bersabar dan telaten.

Masjid Al Hikmah bloc c unit 3 makarti mulya adalah masjid yang biasa dibuat ngaji anak-anak dusun saya. Setiap sore bada 'asar, anak-anak mengaji TPQ di samping masjid. Kemudian menjelang magrib, anak-anak sudah berkumpul di halaman masjid. Kagiatan mengaji dimulai setelah bada shalat magrib. Anak-anak bersiap menata meja dan berbaris rapi sesuai urutan masing-masing.

Kyai Dalikin dan Ustadz Agus biasa menyimak bacaan-bacaan ngaji anak-anak. Anak-anak yang sudah bisa membaca Al-Qur'an disimak oleh Kyai Dalikin dan anak-anak yang masih jilid disimak bacaannya oleh Ustadz Agus. Nampak begitu semangat anak-anak mengajinya.

Masjid adalah pusat pembelajaran pada masa Nabi Muhammad SAW. Hingga kini masjid tetap digunakan sebagai sarana ibadah dan belajar mengaji. Masyarakat sangat berantusias meramaikan masjid untuk ibadah. Pada masa pandemi ini, masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan saat beribadah di masjid.

Masjid di dusun saya sudah direnovasi, hingga menjadi bagus dan megah. Tempat ibadah semakin nyaman, juga semakin nyaman pula melakukan ibadah. Halaman masjid lumayan luas, cukup untuk dijadikan tempat bermain-main anak selesai mengaji sambil menunggu waktu sholat 'isya. Sedikit demi sedikit memberikan ilmu agama kepada anak-anak agar nanti mereka bisa mengamalkan dan mempunyai akhlak yang baik. Aaamiiin.


Palembang, 25 Juni 2020.

Posting Komentar untuk "Semangat Anak-anak Mengaji di Masjid"