Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

KENYAMANAN MAJLIS ILMU

Ahmad Suherdi


Mengaji. Iyaa mengaji. Pernahkah kalian mengaji...? Tentu pernah. Masa kecil kita pasti pernah mengikuti ngaji al-Qur'an di masjid atau di Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPQ) yang berada di suatu desa atau dusun.

Mengaji adalah suatu hal yang sangat bermanfaat. Kita akan mendapatkan berbagai ilmu di dalam majelis mengaji. Ilmu yang kita dapatkan dari para Kyai dan para ustadz adalah ilmu yang suatu saat akan berguna bagi diri sendiri maupun orang lain.

Mengantuk dalam majlis mengaji adalah suatu hal yang sering dirasakan. Memang saat kita berada di dalam majelis mengaji, disitu seakan kita merasakan ketentraman di dalam hati. Dawuh setiap uraian isi kajian kitab dari kyai bisa menentramkan hati ini.

Ngantuk adalah sebuah nikmat. Ketika rasa ngantuk tidak tertahankan tiba-tiba saja mata terpejam. Apakah kalian pernah tidur sambil duduk..? Sebagai santri pasti pernah merasakan hal itu. Bisa saja tidur dengan duduk, terkadang juga dengan bersandar di tembok atau tiang dan lain sebagainya. Pokoknya bermacam-macam gaya deh. Hehehe.

Benar apa tidak...?... ketika kyai berdawuh wallahu a'lam bisowab maka seketika itu mata terasa ringan untuk di buka. Seakan rasa kantuk terlepas dari badan. Memang ada pula sih yang tidak sadarkan diri ketika kyai selesai mengaji dan dia masih tetap tertidur. Hehehe itu pasti tidur tingkat dewa hahah. Bercanda saja.

Sebagai santri pastinya menjadikan semua pengalaman itu sebagai warna warni di pondok. Setiap hari selalu latihan agar pas ngaji tidak merasakan kantuk dan ketiduran hehehe. Latian nya bagaimana..?... setiap santri pasti punya keunikan tersendiri. Seperti halnya tidak makan dulu ketika mendekati jam mengaji karena ketika perut kenyang pastilah akan merasakan kantuk. Kalian boleh coba hehe. Dan beragam cara lainnya.

Yuk tetap mengaji walau godaan selalu ada di dekat kita. Insya Allah dengan istiqomah kita diberi keberkahan oleh Allah swt. Aaamiiin


Bersama santri damailah negeri.


Palembang, 01 Mei 2020


Posting Komentar untuk "KENYAMANAN MAJLIS ILMU"