Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

SEBAIK-BAIKNYA MANUSIA ADALAH YANG BERMANFAAT

Ahmad Suherdi


Menjaga kebersihan lingkungan adalah langkah utama dimana kita menjaga kesehatan. Menjaga kesehatan jasmani dan rohani. Dengan bersih menjadikan suasana hati gembira, merasa santai dan enak untuk dipandang.

Kang yoga, biasa di panggil mbah sholeh, begitu rajin membersihkan latar pondok. Setiap kotoran daun, plastik, kertas dan lainnya dia sapu hinggak bersih. Mencabuti rumputpun dia lakukan dengan teliti.

Pernah aku sebelum berangkat kejawa untuk kuliah, guru semasa MTS ku dawuh, intinya "niatilah ketika nyapu di pondok, itu diniati membersihkan hati". Membersihkan kotoran-kotoran didalam hati. Selain itu, abah juga pernah dawuh seperti itu. 

Keunikan kang pondok beragam. Ada yang suka bersih-bersih kebun, menaman, kesawah, ngarit rumput untuk kambing-kambing nya abah dan lainnya.

Ketika musim nanam jagung, mupuk jagung, panen jagung, mengairi kebun jagung, itu hal yang sangat menyenangkan bagiku. Terkadang rasa lelah datang, namun luntur dengan canda tawa ketika rehat dibawah pohon atau di pinggir kebun dengan menikmati teh manis.

Smoga goresan kenangan tersimpan rapi didalam ingatan. Tersimpan rapi dalam catatan.

Aaamiiiin

PPMU, Tulungagung, 04 Desember 2019.

Posting Komentar untuk "SEBAIK-BAIKNYA MANUSIA ADALAH YANG BERMANFAAT"