Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

ASYIKNYA PEMBELAJARAN BERNUANSA ALAM

Ahmad Suherdi


Hari selasa, 19 November 2019. Aku berkunjung di sekolah Alam SD Mutiara Ummat yang ada di Tulungagung. Sd ini sangat unik dan mengasikkan karna di dalam lokasinya banyak dihiasi pohon-pohon yang besar dan rindang, yang membuat suasana menjadi sejuk dan nampak asri.


Setelah memasuk gerbang sekolah, aku terkesan karna melihat instalasi hidroponik yang menggunakan sistem DFT. Saat aku melihat instalasi tersebut, aku merasa agak disayangkan, karna instalasi tersebut seolah-olah sudah lama tidak terpakai. Tandon yang digunakan untuk mengisi air nutrisipun sudah berlumut. Ingin rasanya aku menanam sayuran di instalasi tersebut.


Setelah memasuki area sekolah nya, aku terkagum dengan model bangunan sekolah yang sangat unik, terbuka dan menyatu dengan alam. Sungguh inovasi pembelajaran bernuansa alam yang sangat keren. Dengan luas area yang sangat luas ini, menjadikan anak bebas untuk bermain dan belajar, bebas bersatu dengan alam dan merawatnya.


Ini adalah area baca yang di desain seperti rumah pohon. Mungkin sangat asyik sekali membaca dirumah pohon yang suasananya sangat sejuk. Mungkin inilah salah satu desain untuk meningkatkan minat dan semangat membaca siswa. Sekali lagi aku terkesan.


Sebagai peningkatan beribadah anak-anak, diadakan program tahfidz qur'an dan rutin beribadah sholat dhuha. Disaat aku bertanya dengan salah satu anak tentang qur'annya, dia menjawab, bahwa sudah hafal 20 juz. Waw keren bukan, sholeh sholehah nak.


Dekat dengan alam menjadikan anak semakin cinta dengan lingkungan. Seperti yang dilakukan salah satu anak ini, dia menyirami tanaman-tanaman yang ada di area sekolah alam. Selain itu juga menyirami pelataran agar tidak berdebu. "Sangat keren".

Jadi pembelajaran dengan bernuansa alam menjadikan keasyikan tersendiri bagi anak-anak dalam belajar. Suasana sejuk, rindang serta area yang luas menjadikan berkembangnya kreativitas anak-anak.

AULA PASCASARJANA IAIN Tulungagung, 21 November 2019

2 komentar untuk "ASYIKNYA PEMBELAJARAN BERNUANSA ALAM"