Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sepenggal Kisah Sajadah Hijau

Ahmad Suherdi


Ini adalah sebuah kisah dari seorang sahabat.  Dia adalah sosok motivasi dalam menuntut ilmu di pondok pesantren manba'ul 'ulum Tunggulsari ini. Iya, dia yang pernah hadir dengan membawa sejuta keunikan dan kegembiraan dalam hidup ini. Dia adalah kang Sabik (alm), smoga Allah menempatkan di dalam surganya.

Awal di ponpes ini, saya melihat seorang santri yang biasa mondar-mandir di ndalem Kyai. Saya penasaran, dan setelah kenal lama beliau adalah abdi ndalem. Sungguh lantaran keuletan dan ketelatenannya ini, menjadikan urusan ndalem lebih cepat terselesaikan. 

Sebuah keistiqomahan ketika beliau selalu membawa sajadah hijau saat melakukan jamaah di masjid, berangkat mengaji dan hal baik lainnya. Sajadah itu selalu menemani beliau, menjaga kenyamanan beliau dikala duduk saat tholabul 'ilmi. Iya, sajadah itu saksi beliau melakukan perkara yang di ridhoi Allah. Insya Allah.

Kini sajadah itu tidak lagi dibawa beliau tholabul 'ilmi di pondok ini. Beliau telah wafat dikarenakan sakit. Semoga Allah memberikan nikmat surga untuk beliau serta mengampuni dosa dan menerima amal beliau.

Sajadah itu beliau tinggal di pondok. Waktu itu kang-kang pondok membereskan barang-barang beliau untuk diantarkan kembali ke rumah beliau. Kitab-kitab beliau tetap ditaruh di pondok agar bisa dipelajari oleh kang-kang lainnya. Goresan khas pegon beliau masih membekas jelas di kertas kitab tersebut. Sungguh ini adalah saksi beliau berbuat sesuatu yang diridhoi Allah. Insya Allah.

Baju-baju beliau sebagian dipakai oleh kang-kang lainnya. Baju-baju itu adalah saksi telah digunakan beliau dalam berbuat kebaikan, yaitu tholabul 'ilmi. Tujuan kang-kang memakai baju tersebut agar barokah pahala selalu tersampaikan untuk beliau. Doa-doa setiap lisan kang-kang akan selalu mendokan kebaikan untuk beliau. Semoga husnul khotimah. Aaamiiin.

Sajadah hijau juga setia dipakai kang-kang saat jamaah maupun mengaji. Perjuangan sajadah hijau akan terus berlanjut. Dengan demikian, seakan-akan beliau juga ikut hadir dalam majelis ilmu ini. Ketika melihat sajadah hijau tersebut, spontan pikiran ini teringat beliau dan sesegera lisan ini mendoakan kebaikan untuk beliau. Semoga barokah doa memberikan nikmat untuk beliau di alam barzah. Aaamiiin.

Sajadah hijau ini adalah peninggalan dari beliau dan akan menjadi sebuah kenangan terindah dari beliau. Semoga semakin istiqomah mengaji dan ibadah dengan lantaran memakai sajadah hijau ini. Barokah semoga tersampai untuk beliau. Aaamiiin


Tulungagung, 02 September 2020


2 komentar untuk "Sepenggal Kisah Sajadah Hijau"