Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dari Mencoba Menghasilkan Sebuah Karya

Ahmad Suherdi


Dimasa pandemi ini, sebagian kegiatan banyak dilakukan di rumah. Mengajar, belajar dan mengerjakan tugas akhirpun dilakukan di rumah. Banyak kegiatan dilakukan secara online seperti menggunakan aplikasi zoom yang bisa dibuat meeting, seminar dan bahkan ujian tesispun dilakukan secara virtual.

Youtube adalah sebuah aplikasi yang dapat dijadikan sebagai sumber terciptanya daya kreativitas pada masa pandemi ini. Awalnya saya coba-coba saja mencari tutorial cara edit foto. Saya sering motret dengan kamera DSLR, namun hasilnya masih kurang tajam. Berawal dari situlah saya menemukan sebuah channel youtube yang menampilkan konten tutorial edit foto. V Design nama channelnya. 

Ada sebuah tutorial cara membuah foto costom dichannel youtube tersebut. Saya mencoba mengedit foto adik saya pada awalmulanya. Ternyata aplikasi photoshop memiliki banyak rangkaian menu edit. Ada filter, curve, level dan lain sebagainya. Saya mencoba menghafal setiap langkah pada tutorial tersebut. Video tersebut berdurasi sekitar 15 menit, namun ketika saya mempraktikkannya membutuhkan waktu sekitar 4 jam-an, itupun masih lupa-lupa ingat dengan pilihan-pilihan menu editnya. 

Saya tidak mudah menyerah dan terus berusaha. Ketika saya sampai di Tulungagung, saya dikarantina mandiri di kamar pondok pesantren yang sudah disediakan bagi santri yang baru datang. Menganggur tanpa aktivitas sangatlah mengganggu pikiran saya. Saya kemudian membuka aplikasi photoshop dan mencoba mengembangkan motif-motif foto custom versi saya sendiri. Alhasil saya mulai mengenal menu-menu edit yang ada pada dasbor photoshop. Saya mulai mencari bahan editing di internet secara otodidak, hingga saya menemukan sebuah alamat web yang menyediakan menu editing poto costom. Saya mulai merangkai bahan-bahan tersebut sesuai imajinasi saya. Dan akhirnya saya bisa merangkai 18 motif.

Bagi bapak, ibuk, mas, mbak dan adik, jika ingin memberikan sebuah hadiah untuk sahabat atau keluarga, mungkin photo custom buatan saya bisa menjadi pilihan. Saya membuka harga 15 ribu untuk soft file saja dan harga 50 ribu untuk cetak plus pigura. Anda bisa mengunjungi IG saya untuk melihat koleksi foto custom di @herdik_sumsel atau bisa menghubungi whatsapp saya 083850322330.

Silahkan diolder. Ini adalah hasil karya sendiri. Inspirasi dirumah saja menjadikan daya kreativitas saya menjadi berkembang. Semoga bisa menjadi karya yang luar biasa suatu saat nanti.








Trenggalek, 23 Juli 2020.

1 komentar untuk "Dari Mencoba Menghasilkan Sebuah Karya"